10 Tips Berjalan Kaki

Berjalan adalah salah satu kegiatan fisik yang paling mudah dan murah untuk dilakukan. Selain itu, berjalan juga merupakan olahraga yang sangat fleksibel karena dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. Anda dapat menyesuaikan intensitas latihan Anda berdasarkan kemampuan individu dan tujuan yang ingin Anda raih.
Tips berikut yang akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari latihan tersebut: 

Sebelum mulai program berjalan kaki secara rutin, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini penting dilakukan bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan kronis ataupun baru menderita cidera. Tapi, jangan berasumsi bahwa Anda tidak bisa memulai latihan tersebut karena Anda memiliki permasalahan penyakit. Olahraga jalan kaki dapat membantu pengendalian perkembangan penyakit dan meringankan gejala pada orang dengan penyakit jantung dan diabetes. Banyak orang dengan radang sendi atau masalah musculoskeletal  lainnya mengalami peningkatan kesehatan dengan berjalan rutin.

Investasi pada sepatu yang baik. Sepatu merupakan komponen perlengkapan penting  untuk olahraga jalan kaki. Usahakan sepatu yang Anda gunakan selalu pas, jangan terlalu sempit karena bisa membuat kaki Anda melepuh atau kapalan. Gunakan selalu kaus kaki ketika Anda memakai sepatu untuk berjalan kaki, dan pada situasi tertentu Anda memerlukan sepatu yang ukurannya lebih besar jika Anda menggunakan kaus kaki yang lebih tebal. Pilih sepatu yang memiliki lengkungan yang baik dengan tumit sedikit lebih tinggi dengan bahan yang kaku. Tujuannya adalah untuk mendukung kinerja tumit Anda ketika berjalan dan mencegah bergoyang-goyang. 

Selalu lakukan pemanasan singkat. Awali olahraga Anda dengan berjalan dengan tempo yang lambat selama 5 menit sebelum Anda memulai berjalan dalam tempo yang cepat. 

Perhatikan detak jantung dan pola nafas Anda. Berjalan dengan tempo yang sedikit cepat akan meningatkan detak jantung Anda, tapi jangan berlebihan. Anda harus tetap mampu untuk bercakap-cakap saat melakukan kegiatan tersebut. Jika Anda tidak bisa, mungkin Anda terlalu memaksakan diri. 

Postur badan harus selalu dalam bentuk yang sempurna ketika Anda berjalan. The American Academy of Orthopaedic Surgeons merekomendasikan untuk menjaga postur tubuh selalu tegap ketika Anda berjalan. Ayunkan lengan Anda, kepala tegak, dan tulang punggung tetap dijaga lurus. Arahkan jari-jari kaki Anda lurus ke depan dan ambil langkah panjang, tapi jangan tegang. 

Pertimbangkan untuk menggunakan Pedometer. Pedometer berguna untuk mengetahui  jarak Anda berjalan dan berapa jumlah langkah yang sudah dilakukan. Melihat perbaikan waktu dan langkah yang Anda lakukan akan memberikan motivasi tersendiri bagi Anda. 

Pastikan untuk selalu membawa air. Ketika Anda melakukan olahraga jalan kaki dalam jarak yang jauh atau dalam situasi udara yang panas. Dalam situasi udara yang panas, Anda mungkin membutuhkan minuman khusus yang mengandung elektrolit lebih banyak. Pada musim panas/cuaca yang panas, jangan lupa untuk selalu menggunakan topi yang memiliki pinggiran, serta gunakan tabir surya pada bagian yang terkena sinar matahari.  

Variasikan rute perjalanan Anda. Hal ini berguna agar Anda tidak merasa bosan. Untuk meningkatkan kebugaran, kunjungilah tempat-tempat yang sedikit berbukit atau tetapkan rute alternative pada hari yang berbeda dalam seminggu. 

Selalu upayakan jalan kaki menjadi olahraga yang menyenangkan. Banyak orang melakukan olahraga jalan kaki ini dengan beberapa grup. Ini dimaksudkan supaya Anda tetap bersemangat dan termotivasi untuk melakukan kegiatan tersebut. Ada juga yang sambil mendengarkan music melalui iPod miliknya. Carilah solusi lain supaya Anda tetap termotivasi untuk berjalan kaki.
                    Selanjutnya
                    « Sebelumnya
                    Sebelumnya
                    Selanjutnya »