Hilangkan bekas luka dengan menggunakan bahan alami

Bekas luka pada kulit membuat kulit kelihatan tidak bagus, bagi para wanita hal ini tak jarang menyebabkan kurang percaya diri akibat bekas luka tersebut. Bekas luka mulai dari terpotong pisau dapur saat memasak, cidera, hingga bekas jerawat seringkali tidak bisa hilang. Namun sebenarnya, bekas luka ini merupakan bukti bagaimana tubuh memperbaiki dirinya sendiri dari cidera. Meskipun bekas luka tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi tentunya sangat mengganggu penampilan kulit. Bagaimana cara mencegah dan menghilangkan bekas luka di kulit? Berikut beberapa cara alami yang bisa di coba di rumah.

Lidah buaya.
Aloe vera atau lebih dikenal dengan sebutan lidah buaya adalah tanaman tropis sukulen yang memiliki bentuk seperti daun berdaging. Daun ini memiliki banyak manfaat, baik sebagai obat maupun untuk kosmetik. Lidah buaya merupakan tanaman yang cukup unik karena mengandung berbagai senyawa biologis aktif, seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon, dan berbagai lektin. Lidah buaya juga mengandung sekitar 75 jenis zat yang telah dikenal bermanfaat dan lebih dari 200 senyawa lain yang membuatnya layak digunakan dalam pengobatan herbal.
Daun lidah buaya
Cara pengobatan :
Oleskan gel lidah buaya ke area luka yang masih baru terluka. Cara ini efektif mencegah pembentukan luka permanen.

Pasta kayu cendana.
pasta kayu cendana
Buatlah pasta campuran dari kayu cendana dengan air mawar. Oleskan pasta tersebut ke area bekas luka di malam hari dan bersihkan di pagi harinya. Metode ini dinyatakan sebagai salah satu cara terbaik menghilangkan bekas luka.

Jus lemon.
Jus lemon
Jus lemon merupakan pemutih alami dan bisa membantu menyamarkan bekas luka dan belang-belang di kulit.

Rebusan kelabat.
Kelabat atau fenugreek (Frigonella foenum graecum) sering digunakan menggunakan biji tumbuhan ini untuk campuran param atau digunakan sebagai rempah, sedangkan akarnya dipakai sebagai obat-obatan.
Kandungan:
- vitamin (A, B6, C)
- thiamin
- riboflavin
- niasin
- folat..
tanaman kelabat
Cara Pengobatan :
Didihkan satu sendok teh biji kelabat di dalam 1 liter air selama beberapa menit. Selanjutnya, oleskan air rebusan ke wajah atau area bekas luka di kulit. Cara ini dinyatakan sangat baik menyamarkan bekas luka dan mencegah pembentukan bekas luka akibat jerawat.

Minyak lavender. Oleskan minyak lavender ke area bekas luka dengan menggunakan kapas, 2 kali sehari.

Madu. Salah satu cara yang diklaim paling efektif adalah dengan mengoleskan madu beberapa kali sehari. Cara ini akan membuat kulit tampak bercahaya secara alami serta sekaligus mengangkat bekas luka.

Jus ketimun. Oleskan jus ketimun ke area bekas luka dan biarkan selama 15 menit sebelum membasuh muka dengan air dingin.

Larutan campuran. Buatlah larutan dari 1 sendok makan  krim susu asam (pilihlah yang bebas lemak untuk muka berminyak), 1 sendok makan yogurt, 1 sendok makan oatmeal yang telah dihaluskan dan beberapa tetes jus lemon. Oleskan larutan ke muka dan biarkan 10 menit sebelum dibersihkan. Cara ini efektif mengangkat bekas-bekas luka di wajah.

Minyak kelapa. Cobalah memijat area bekas luka dengan minyak kelapa. Cara ini bisa menyamarkan tetapi tidak bisa menghilangkan sepenuhnya.

Pasta kacang polong hitam. Buatlah pasta dari campuran kacang polong hitam dengan kayu cendana. Kemudian oleskan ke area bekas luka dan biarkan sepanjang malam. Keesokan harinya bersihkan dnegan air dingin. Cara ini dinyatakan efektif menghilangkan bekas luka.

Minyak zaitun. Oleskan minyak zaitun ke area bekas luka. Cara ini juga bisa membantu mengangkat bekas luka.

Teh hijau. Basahi kapas dengan teh hijau kemudian oleskan ke bekas luka. Ini merupakan cara alami yang bagus menghilangkan bekas luka.

Daun mint. Ambillah beberapa lembar daun mint kemudian haluskan. Selanjutnya ambillah sari dari daun mint yang telah dihaluskan dengan menggunakan kain. Selanjutnya oleskan ke wajah atau area lain yang memiliki bekas luka. Cara ini bisa  membantu menghilangkan bekas luka.

Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Selanjutnya »