Berbagai manfaat dari buah Mentimun

Gambar Mentimun
Anda pasti tahu buah mentimun. Buah yang tergolong sayuran ini bisa kita jumpai baik dirumah, di pasar maupun di tempat-tempat lain. Timun atau Mentimun tergolong sayuran murah dan mudah didapat. Tapi taukah anda kalau mentimun memiliki manfaatnya yang sangat banyak? Mentimun ini memiliki banyak manfaat,  Mulai dari obat alami, obat kecantikan, bahkan untuk berantas hama dan membersihkan rumah.

Kandungan gizi untuk per 100 gram dari berat mentimun terdiri dari : 12 kalori, 0.7gr protein, 0.1gr lemak, 2.7gr karbohidrat, 10mg kalsium, 21mg fospor, 0.3mg besi, vitamin A 0 RE, vitamin C 8.0mg dan vitamin B 0.3mg. sedangkan kandungan mineral yg ada pada ketimun terdiri dari potassium, magnesium, kalium, zat besi dan fospor. Kandungan mineral ini sangat bagus digunakan sebagai obat alami hipertensi. Karena itu untuk anda yang menderita hipertensi disarankan untuk mengkonsumsi mentimun.

Berikut ini adalah Manfaat dari buah mentimun:

Sebagai Detoksifikasi (Mengurangi kadar racun di dalam tubuh). Kandungan air dalam mentimun sangat tinggi hingga sampai 90%, sehingga mentimun memiliki efek memperlancar buang air kecil, membantu menghilangkan dan menetralkan toksin (racun), membantu melunturkan bakteri-bakteri di sepanjang usus dan dinding kandungan kemih. Kandungan air dan mineral kalium dalam mentimun juga dapat mengeluarkan kelebihan asam urat dan sisa metabolisme melalui ginjal. Jadi dengan mengkonsumsi mentimun akan membantu meluruhkan batu ginjal dan menghindari penumpukan racun.

Obat Hipertensi (Tekanan darah tinggi). Untuk menurunkan hipertensi atau darah tinggi caranya : Ambil 2 buah mentimun, cuci, parut, lalu peras. Minum airnya dan lakukan 2-3 kali sehari. Cara lain, ambil 200 gram mentimun, direbus, lalu saring. Minum airnya, lakukan hal ini sehari sekali.

Sebagai Obat Pelangsing. Mengkonsumsi mentimun juga dapat menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah dan kaya akan serat. Kandungan lainnya dalam mentimun antara lain adalah asam malonat yang dapat mencegah gula darah berubah menjadi lemak, sehingga dapat menurunkan berat badan.

Obat Sariawan. Makan timun mentah setiap hari

Memperlancar Buang Air Kecil. Campurkan 1 gelas sari buah mentimun di campur dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh jeruk nipis segar. Minum ramuan tersebut dan lakukan setiap dua kali sehari.

Obat Tifus. Ambil 2 buah mentimun, cuci bersih, parut, dan peras. Minum air perasan ini dan lakukan 3 kali sehari.

Diare pada Anak. Sediakan 1 buah mentimun, cuci, rebus, lalu haluskan. Saring, ambil airnya, dan beri sedikit madu. Minum ramuan tersebut hingga diare mampet.

Anti Kanker. Terkadang ketimun terasa pahit. Rasa pahit tersebut berasal dari saponin, yaitu senyawa fitokimia yang terdapat dalam lendir mentimun. Meskipun pahit, saponin bermanfaat sebagai anti kanker, menurunkan kolestrol, dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Anti Serangga. Manfaat Mentimun yang lain adalah sebagai obat anti serangga. Obat anti kecoa dan anti semut.
  • Siapkan kulit mentimun, potong-potong, lalu rendam dalam jus mentimun selama satu jam. 
  • Ambil kulit tersebut, keringkan dengan oven bersuhu 200 C, lalu hancurkan hingga menjadi serbuk. -  
  • Masukkan serbuk kulit mentimun ke dalam blender, campur dengan daun salam yang sudah direndam dalam jus mentimun. 
  • Keluarkan dan jemur hingga mengering. Sebarkan serbuk yang sudah kering ditempat yang terdapat semut. 
  • Selama 1-1,5 minggu semut dan kecoa akan menyingkir.
Banyak siput, ulat dan belatung di tanaman ?
  • Potong beberapa iris mentimun, taruh didalam kaleng bekas minuman. Reaksi kimia antara ketimun dan kaleng akan menimbulkan bau yg mengusir hama2 itu dari tanaman anda.
Mengobati Sengatan Lebah.
  • Ambil buah mentimun, kupas, lalu potong-potong.
  • Masukkan potongan mentimun ke blender, lalu hancurkan hingga menjadi cairan kental.
  • Olesi atau rendam bagian tubuh yang tersengat lebah dengan cairan tersebut selama satu jam. 
  • Rasa sakit, gatal, dan bengkak akibat sengatan lebah akan hilang
Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Selanjutnya »