Pengenalan CSS (ID Tags dan Class Tags)

Belajar CSS
Dalam belajar ngeblog mau tidak mau kita di tuntut juga untuk belajar tentang HTML, CSS dan java script. Karna hal tersebut berhubungan dengan cara pengelolaan blog, baik dari segi design, postingan dll. semuanya membutuhkan pengetahuan tentang hal-hal tersebut.

Nah sekarang kita akan membahas tentang CSS.
Ini adalah pengetahuan dasar tentang CSS. Dalam CSS ada dua tag yang sering digunakan dalam membangun template css yaitu ID Tags dan Class Tags. Apa bedanya? Saya akan membahasnya dibawah ini:

 

Id Tags CSS

Id tags pada CSS biasanya menggunakan tanda "#" pada awalan selector. untuk code CSS biasanya berada dalam tag <style type="text/css"></style> atau dalam <b:skin></b:skin> Contohnya adalah seperti dibawah ini:
<style type="text/css">
#contohid{}
</style>
Untuk pemanggilan selector tersebut biasanya menggunakan id="selector" pemanggil selector ini biasanya berada dalam tag <body></body>seperti dibawah ini:
<body>
<div id="contohid">
........
</div>
</body>

Class Tags CSS

Class tags pada CSS biasanya menggunakan tanda "." pada awalan selector. Biasanya penggunaan class ini pada selector yang sudah di kelompokan. Kalau pada blogspot kita akan menemui banyak tags jenis ini. Contohnya adalah seperti dibawah ini:
<style type="text/css">
.contohclass{}
</style>
Untuk pemanggilan selector tersebut biasanya menggunakan class="selector" seperti dibawah ini:
<body>
<div class="contohclass">
..........
</div>
</body>

Sekian dulu ya.. walaupun catatan ini sangat sederhana... Semoga bisa bermanfaat...
Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Selanjutnya »