New Update :

Cara menambahkan symbol mata uang di Microsoft Exel

Sudah lama rasanya saya tidak buat postingan tentang tutorial. Nah... kali ini saya akan menulis tentang tutorial Microsoft exel. Microsof Exel merupakan aplikasi komputer yang handal dalam melakukan perhitungan, seperti program akuntansi, perhitungan jual beli dan lain-lain. Untuk melakukan hal tersebut tentu kita membutuhkan simbol-simbol mata uang. Sekarang pertanyaannya.. Bagaimana caranya agar memunculkan simbol tersebut di microsoft exel secara otomatis..?? Misalnya Dollar Amerika ($), euro, Yen, atau bahkan satuan mata uang Indonesia yaitu Rupiah (Rp). Karena dengan memberikan symbol untuk mata uang dalam penulisan data di ms excel, maka data akan lebih bisa dipahami oleh pembaca.

Dalam memberikan symbol mata uang tersebut diatas, anda tidak diperkenankan melakukannya secara manual, misalnya anda ketik Rp. 50.000,00. Jika anda ketik secara manual, maka angka atau nominal uang tersebut tidak bisa dipergunakan dalam rumus-rumus tertentu, misalnya saja rumus penjumlahan, atau perkalian dan lain sebagainya. anda cukup menuliskan angkanya saja contoh 1000, 100000 dan seterusnya. karna nanti akan di berikan symbol dan angka decimalnya secara otomatis. Jika tetap anda pergunakan dengan menggunakan sebuah rumus, maka hasilnya tidak akan bisa dibaca =name? atau lainnya. Agar data angka tetap terdapat symbol mata uang Rupiahnya secara otomatis dan angka tersebut tetap bisa dipergunakan dalam rumus-rumus tertentu, maka anda harus mengaturnya terlebih dahulu.
Untuk mengatur agar mata uang rupiah secara otomatis tertulis di cell ms excel, ikutilah langkah-langkah berikut ini :
  1. Seleksi atau di Blok cell angka yang mau diberikan tanda symbol mata uang lalu klik kanan
    Symbol Rupiah di word 2007
  2. Klik Format Cells lalu muncul jendela format cell.
    Format Number Currency
  3. Klik tab Number lalu pilih Currency Lalu anda memilih jenis mata uang yang akan anda gunakan pada Symbol
  4. Klik OK
Nah sampai disini maka Cell untuk angka yang di blok tadi otomatis akan memunculkan tanda symbol mata uang didepan angka tersebut saat di tekan enter atau berpindah pada cell yang lain.

Anda bisa merubah symbol yang ada misalnya symbol Rupiah (Rp). Pada settingan default windows simbol Rp di tampilkan tanpa tanda titik di belakang Rp. Contoh: Rp 1000 atau adanya tanda titik di belakang symbol tapi tanpa spasi Contoh: Rp.1000. Nah bagaimana agar tanda symbol Rp tersebut memiliki titik dan spasi dibelakang symbolnya sehingga menjadi "Rp. 1000" Berikut ini caranya:
  1. Buka Control Panel pada Windows.
  2. Lalu klik dua kali "Regional and Language Option" atau bisa di klik kanan dalu klik open
  3. Akan muncul jendela Regional and Language Option.
    Regional and language Option
  4. Pilih tab format. pada Current format pilih Indonesia lalu klik Customize this format.
  5. Pilih tab Curerency. Nah disini anda bisa merubah symbol rupiah yang ada dengan menambahkan titik dengan spasi dengan mengedit Currency symbol nya.
    Merubah Symbol Rp
  6. Klik aply untuk melihat hasilnya. kalau symbolnya sudah benar silahkan klik OK.
Agar symbol tersebut berfungsi dan muncul pada MS Exel anda, silahkan restart MS exel anda.

Sekian Semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Sip Online

Artikel tentang "Cara menambahkan symbol mata uang di Microsoft Exel" ini ditulis oleh Sip Online pada hari Kamis, 11 Oktober 2012. Kritik dan saran mengenai Cara menambahkan symbol mata uang di Microsoft Exel ini dapat anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah. Terima kasih. Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2011 Sip Online | Powered by Blogger