Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam mengatasi stress

Stress
Setiap orang memiliki masalah yang berbeda, dan setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mencari sebuah solusi. Meskipun setiap masalah ada jalan keluarnya, namun dalam proses mencari sebuah jawaban terkadang seseorang mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan, seperti memikirkan sesuatu yang tak di ketahui ujung pangkalnya. Sehingga munculnya rasa panik yang berlebihan. Dan jika masalahnya belum terselesaikan akan menimbulkan segala macam pikiran dan perasaan yang akhirnya membuat kita stress dan paranoid

Stres dapat terjadi pada hampir semua tingkatan umur misalnya stress pada anak-anak yang masih belia, remaja, dewasa, setengah baya bahkan hingga orang yang sudah berumurpun dapat mengalaminya. Dan pada kenyataannya stress sudah menjadi masalah utama bagi banyak orang baik di lingkungan pekerjaan, rumah tangga, sekolah dan lain-lain.

Satu hal yang perlu anda garis bawahi bahwa pada dasarnya ketika anda mengalami stress itu adalah proses pendewasaan diri karena anda sedang menghadapi sebuah tantangan hidup yang harus anda lalui. Percaya ataupun tidak kedewasaan anda dinilai sejauh mana anda dapat menyelesaikan masalah.

Jika hidup anda diliputi perasaan stres maka ada beberapa hal sederhana yang bisa anda lakukan dalam mengatasi stress, dan dapat segera anda lakukan. Jangan sampai pengaruh stres menyiksa hidup anda dan menyebabkan frustrasi sehingga mudah marah, cemas, konflik, dan merasa tertekan. Untuk itu anda perlu mengontrol pikiran anda dan tak menjadikan masalah menjadi beban pikiran.

Berikut adalah cara menghilangkan stress :
  1. Perbanyaklah berdzikir dan berdoa, memohonlah kepada-Nya agar diberikan jalan keluar terbaik dari masalah yang kita hadapi. Memintalah kepada-Nya dengan segala kerendahan hati karena Tuhanlah sebaik-baiknya pemberi jalan keluar.
  2. Milikilah pandangan positif terhadap diri anda dan berupaya menahan diri dari pikiran negatif sehingga akan membantu untuk berpikir jernih dan objektif dalam mengambil keputusan dan bergaullah dengan orang-orang yang berfikir positif.
  3. Istirahat yang cukup jangan sampai anda kekurangan tidur karena dengan tidur yang cukup akan membantu Anda merasa segar dan menjadi produktif terhadap pekerjaan anda. Ini akan membantu membersihkan pikiran dan objektif dalam menganalisa sebuah masalah.
  4. Cobalah untuk relaksasi dengan melakukan hobby anda seperti mendengar musik, menonton film, membaca, melukis, bercanda dengan teman-teman dan apapun yang dapat membantu menenangkan anda dan memberi suasana hati yang kondusif.
  5. Cobalah untuk berbagi pemikiran dengan orang-orang yang anda percayai (curhat) yang netral dalam melihat permasalahan sehingga anda dapat mendapatkan saran, nasehat yang orisinil tanpa tanpa dipengaruhi ego dan kepentingan.
  6. Rendah hatilah dan jujurlah pada diri anda sendiri agar anda dapat dengan mudah melihat kesalahan yang telah anda lakukan sehingga dapat mengevaluasi diri untuk mengambil langkah yang lebih baik dari sebelumnya.
  7. Jika anda terpaksa berada dalam kondisi yang dapat membuat anda emosi dan marah sebaiknya anda diam, mengatur nafas daripada anda berbicara dalam keadaan emosi. Ingat .. Kondisi emosi akan membuat lidah bergerak lebih cepat dari otak sehingga memungkinkan anda berbicara diluar kontrol dan menambah masalah-masalah baru disekitar anda yang pada akhirnya akan menambah beban stress anda.
  8. Nih yang terakhir dan paling mudah bikin hidupmu lebih hidup tanpa harus mengganggu kehidupan orang lain apalagi sampai merugikan yang lainnya.
Semoga artikel tentang cara mengatasi stress ini bermanfaat.
Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Selanjutnya »