Mengenal lebih dekat Search Engine (Mesin pencarian)

Search engine adalah sebuah mesin pencari informasi yang berbasis web yang dirancang untuk menyediakan data-data di internet. Dulu ada ratusan search engine di internet, akan tetapi karena persaingan yang sangat ketat akhirnya hanya tinggal beberapa search engine saja yang bertahan.

Pada saat pengunjung melakukan pencarian melalui search engine dengan menggunakan kata kunci tertentu atau yang biasa disebut keyword, maka search engine akan melakukan pencarian berkas-berkas atau data-data dari berbagai situs web, baik data yang berupa text, gambar, video maupun data audio. Search engine kemudian akan memberikan hasil berupa daftar halaman web yang memiliki informasi atau data yang paling sesuai dengan yang dicari pengunjung tersebut. Hasil yang diperoleh pada umumnya akan ditampilkan dalam bentuk daftar yang diurutkan berdasarkan algoritma dari masing-masing search engine.

Masing-masing search engine memiliki algoritma yang berbeda-beda dan pada saat ini search engine Google adalah search engine yang paling banyak atau paling sering dipergunakan oleh pengguna internet. Daftar hasil pencarian yang dihasilkan search engine tersebut biasanya dikenal sebagai SERP yaitu Search Engine Result Page yang berarti halaman hasil pencarian search engine.

Apabila website Anda bisa berada di peringkat teratas atau paling tidak di halaman pertama hasil pencarian Google (pada umumnya tiap halaman hasil pencarian akan memuat 10 halaman website), maka website Anda akan mendapatkan banyak pengunjung. Mengapa? Karena sebagian besar pengunjung search engine akan mencari informasi atau data yang dibutuhkan pada halaman pertama saja dan kemudian akan mencoba mencari informasi atau data yang dibutuhkan dengan menggunakan keyword yang lainnya. Jarang sekali seseorang mencari informasi atau data yang dibutuhkan hingga ke halaman kedua, ketiga, dst.

Berikut adalah data statistik penggunaan search engine pada tahun 2012.

Data statisik seach engine
Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Selanjutnya »