Tentang perut kembung, penyebab dan pencegahannya

Mencegah perut kembung
Penyebab dari perut kembung bisa bermacam-macam. Misalnya, reaksi kimia dari makanan tertentu yang dikonsumsi sehingga merangsang produksi gas berlebih di dalam usus, atau akibat gangguan pencernaan lain misalnya sindrom iritasi usus dan sembelit serta makanan yang bisa menyebabkan gas berlebih karena tidak dipecah saat makanan tersebut mencapai usus besar dan dicerna oleh bakteri. Proses ini menimbulkan lebih banyak gas dibandingkan proses pencernaan yang terjadi di usus kecil. Kelebihan gas di dalam usus dan berdiam diri di dalam saluran pencernaan tersebutlah yang memicu terjadinya perut kembung.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa mencegah terjadinya perut kembung:
  1. Konsumsilah 25 Hingga 35 gram Serat setiap Hari
    Sembelit sering membuat kita merasa kembung dan juga kekenyangan. Untuk mengurangi rasa kembung dan juga meningkatkan kesehatan usus, konsumsilah makanan yang mengandung serat. Biji rami, wortel, jeruk, dan barley termasuk dalam makanan yang mengandung serat mudah larut. Sedangkan sayuran berdaun hijau gelap, bayam, kale, kacang-kacangan serta biji-bijan termasuk dalam serat yang tidak mudah larut.
  2. Kurangi Asupan Garam dalam Tubuh
    Kurangi asupan makanan yang mengandung kadar garam tinggi untuk mengurangi resiko perut kembung. Garam membuat sel-sel dalam tubuh menahan kandungan air yang dapat berkontribusi menyebabkan perut kembung. Ganti garam dalam program diet Anda, dengan garlic powder, oregano ataupun lada hitam. Ini akan membantu mengurangi asupan natrium dan rasa kembung.
  3. Minum 2 Liter Air Per Hari
    Minumlah satu hingga dua liter air per harinya untuk membantu tubuh terhidrasi dengan baik. Air akan membantu mengeluarkan kotoran yang menyebabkan perut kembung yang berada dalam tubuh.
  4. Mengetahui Makanan yang Sensitif bagi Tubuh Anda
    Beberapa orang kadang memiliki reaksi berbeda terhadap makanan tertentu, sehingga ada baiknya seseorang mengenali makanan apa saja yang bisa membuat gejala menjadi lebih buruk atau baik.
  5. Porsi Makan yang Lebih Kecil
    Dibandingkan memakan tiga porsi besar makanan dalam satu hari, makanlah lima porsi kecil makanan setiap harinya. Dengan begitu tubuh mendapatkan waktu untuk mengekstraksi makanan dan memanfaatkan semua nutrisi yag terkandung pada makanan dengan lebih baik.

Makanan yang dapat meredakan kembung antara lain adalah daun peppermint, air lemon, nanas, pepaya, jus lidah buaya, seledri, gandum utuh, kacang-kacangan yang tidak menggunakan garam, dan yogurt.

Sedangkan makanan yang dapat membuat perut kembung antara lain:
  • Sayuran Mentah.
    Meskipun mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan.Sayuran mentah membuat rasa kembung pada pencernaan. Rebus terlebih dahulu sayuran agar menghilangkan efek perut kembung.
  • Sayuran Kubis Brussel, Brokoli, Kacang-Kacangan, Bawang dan Kubis.
    Makanan yang bernutrisi dan juga lezat ini adalah salah satu faktor penyebab utama perut kembung. Mereka mengembang dalam saluran pencernaan dan meningkatkan emosi. Hindari makanan ini jika anda merasa kembung.
  • Alkohol.
    Senyawa Karbonat yang terkandung pada bir menyebabkan perut kembung dan juga teriritasi, terutama ketika zat asam yang berada pada tubuh menyebabkan pembengkakan.
  • Kopi.
    Seperti alkohol, zat adiktif yang terdapat pada kopi juga membuat iritasi dan perut kembung. Kurangi mengkonsumsi kopi jika sedang mengalami perut kembung.
Demikian tentang perut kembung dan pencegahannya. Semoga bermanfaat....
Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Selanjutnya »