Tentang Musik Bambu Sorume Sulawesi Tenggara

Sorume
Bambu adalah tanaman yang sudah dikenal di masyarakat dunia. Di Indonesia sendiri terdapat sekitar 60 spesies bambu yang dapat kita temui dari sekitar 1000 spesies bambu yang ada di dunia. Karena bahan bambu yang sangat mudah ditemukan di alam Indonesia dan sifat bambu yang mudah dibentuk, ringan serta awet, tidak heran jika bambu banyak dipergunakan untuk berbagai keperluan. Dari mulai senjata (bambu runcing), bahan bangunan, bahan kerajinan dan tidak sedikit yang dijadikan sebagai alat musik. Termasuk juga alat musik bambu sorume ini

Secara fisik Musik Bambu Sorume, terdiri dari lima macam instrumen yaitu : Bass, Tenor badan satu, Tenor badan dua, Suling, dan satu Kendang, musik bambu ini tanpa disertai vokal. Dengan kata lain Musik Bambu Sorume merupakan jenis musik intrumental. Pemain musik bambu ini berjumlah 45 murid dari sekolah dasar instrumen yang dimainkan dengan cara ditiup, dan setiap instrumen memiliki satu dan dua nada, kecuali pada suling.

Menurut H. Abdul Rahim, salah satu peneliti budaya Sulawesi Tenggara, musik bambu sudah ada sebelum penjajahan belanda. Memang sampai sekarang belum ada yang mengetahui siapa yang menciptakan musik bambu tersebut. Menurutnya musik bambu ini dibuat oleh orang asli suku Mekongga. Pada saat itu, masyarakat suku Mekonga tidak menyebutnya sebagai musik, tetapi disebut Ouho. Alat yang digunakan pun hanya suling.

Dijelaskan bahwa, dulu mata pencaharian orang di Sulawesi adalah bertani di ladang. Pada saat mereka beristirahat di ladang, mereka menciptakan seni sambil berladang. Ini adalah kebiasaan mereka di waktu senggang untuk menjaga ladang agar tidak terkena hama. Mereka mengambil bambu kering, kemudian mereka buat suling. Jadi, alat musik yang pertama dibuat adalah suling. Hanya saja pada waktu itu mereka belum mengetahui aspek-aspek organologis dan ukuran-ukuran untuk mencipta dan menghasilkan bunyi dengan nada-nada tertentu.

Semoga tulisan ini menambah khasanah pengetahuan Sobat semua, namun demikian saya mengharapkan koreksi dari pengunjung blog dan tentu saja apabila ada informasi yang terlewatkan, yang belum tertulis disini, dengan senang hati saya akan menambahkannya.
Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Selanjutnya »