Penerimaan CPNS tahun 2014 dilaksanakan bulan agustus

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan menggelar tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 serentak tepatnya pada minggu pertama Agustus 2014. Rencananya, seluruh tes ini akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Supardiyana menyatakan bahwa kesiapan sistem ini telah mencapai sekitar 80 persen. "Saat ini sudah siap sekitar 80 persen, tinggal uji coba. Mudah-mudahan awal Agustus sudah siap 100 persen. Itu rencana kita," ujarnya di Kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta, Jumat (13/6/2014).

Persiapan untuk mengganti sistem pengisian lembar tes yang sebelumnya dilakukan menggunakan kertas jawaban dan nantinya akan menggunakan komputer dinilai tidak terlalu sulit. Pasalnya, perangkat komputer yang digunakan adalah perangkat yang ada di instansi pemerintah serta didukung oleh fasilitas Uji Kompetensi Guru (UKG) yang tersebar diseluruh Indonesia.

"Jadi kami juga akan manfaatkan sistem UKG, jadi tinggal kita perbaharui saja sistemnya," lanjutnya.

Nantinya para peserta seleksi CPNS dapat melakukan pendaftaran secara online yang terintegrasi. Pelamar hanya bisa mendaftarkan dirinya untuk satu instansi. Namun pelamar bisa memasukan lamarannya untuk tiga jabatan yang diinginkan dalam instansi tersebut.

"Sepanjang ada jabatan lain yang cocok, nanti bisa pilih sampai tiga jabatan," tandasnya.

Pada tahun ini akan dilaksanakan seleksi CPNS dengan membuka 100 ribu formasi, dimana 60 ribu untuk CPNS dan 40 ribu untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Untuk formasi CPNS, 20 ribu untuk CPNS pemerintah pusat dan 40 ribu untuk pemerintah daerah. Pemerintah pusat akan memperoleh formasi yang terdiri dari 25 kementerian dan 35 lembaga. Sedangkan pemerintah daerah akan memperoleh formasi yang terdiri dari 26 provinsi dan 379 kabupaten kota.
Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Selanjutnya »